Jumat, 25 Desember 2009

Jumlah Muslim Afro-Amerika Meningkat


Warga Amerika kelahiran Afrika (dikenal dengan sebutan Afro-Amerika) kian banyak memeluk Islam. Demikian diberitakan Associated Press. Meskipun jumlah Muslim di Amerika belum dipastikan secara tepat, namun survei terbaru Pew memperkirkan jumlah mereka sekitar 2,35 juta, 35 persen di antaranya kulit hitam.

Menurut Lawrence Mamiya, guru besar studi agama dan Afrika di Vassar College dan ahli Islam Amerika, organisasi-organisasi Muslim di Amerika diperkirkan beranggotakan 6 juta orang, sepertiganya kulit hitam.

Menurutnya, kebanyakan Muslim kulit hitam menganut faham Suni dan beribadah di sekitar 300 masjid di seluruh Amerika. “Mayoritas Muslim Afro-Amerika menggunakan agamanya untuk memperkuat spiritualitas mereka,” kata Mamiya yang sudah mewawancarai banyak pemimpin dan kelompok Muslim kulit hitam.

Dikatakannya, jumlah Muslim kulit hitam meningkat, tapi tidak secepat sebelum serangan 9/11. Mereka masuk Islam karena agama ini menekankan kesamaan derajat manusia, disiplin, dan keluarga.

Beberapa warga kulit putih Amerikan memeluk Islam “karena cenderung melihat Islam sebagai hal asing,” kata Mamiya seperti dikutip EURweb. Bagi banyak kalangan Afro-Amerika, mereka masuk Islam juga karena melihat Kristen sebagai “agama budak” (slave religion). (ap/eurweb/romeltea.com).*

Tidak ada komentar: